MANFAAT PISANG BAGI KESEHATAN DAN TIPS MEMILIH PISANG YANG BAIK




ミ★αѕѕαℓαмυ'αℓαιкυм..★彡 


     Buah pisang ternyata memiliki kandungan yang baik bagi tubuh dan baik pula untuk kesehatan.

      Manfaat buah pisang antara lain: 

1. Melancarkan peredaran darah

    Kandungan kalium pada buah pisang membantu tekanan darah dan hal ini dapat menekan resiko stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.

2. Membantu pencernaan pada usus

     Serat yang terkandung didalam pisang sangat baik untuk mengurangi resiko sembelit. Mencampur pisang dengan segelas susu membantu mengurangi resiko penyakit usus yang berbahaya seperti kanker usus besar

3. Menjaga kesehatan mata

     Pisang memiliki sejumlah vitamin A yang larut dalam lemak yang sangat penting untuk melindungi mata.

4. Menormalkan fungsi jantung

     Mengkonsumsi pisang pada waktu sarapan setiap hari akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung secara optimal.


     Selain bermanfaat untuk kesehatan, kandungan yang terdapat pada buah pisang juga dapat menyembuhkan penyakit Antara lain :

1. Anemia

     Kandungan zat besi yang dimiliki pisang menjadikan buah ini baik dikonsumsi untuk penderita kurang darah.

2. Mengurangi resiko gangguan Asma

    Sebuah study dari Imperial college London menyebutkan bahwa anak2 yang makan hanya satu buah pisang perhari, memiliki peluang 34% lebih kecil untuk mengalami Asma.

3. Liver

     Buah pisang yang dicampurkan dengan madu, memberikan stimulan untuk menambah nafsu makan pada penderita penyakit liver.

4. Diare

     Buah pisang juga di rekomendasikan untuk perawatan diare. Elektrolit seperti kalium, akan hilang dalam jumlah besar selama masa diare sehingga dapat membuat penderita terkena dampak merasa lemah.


     Tidak hanya daging buahnya saja, ternyata kulit pisang memiliki khasiat dan manfaat yang tidak kalah dengan daging buahnya antara lain :

1. Menghilangkan jerawat
    Kandungan seperti vitamin D, Vitamin C
Vitamin B6, Magnesium, Zat besi, Fosvor, dan Kalium yang berperan untuk menghilangkan jerawat. Selain itu, anti oksidan dan anti jamur yang terdapat didalam kulit pisang juga dapat mengurangi minyak berlebih serta dapat mengatasi iritasi dan rasa gatal pada kulit yang berjerawat sehingga dapat mempercepat penyembuhan serta dapat menghilangkan bekas jerawat.

2. Penyembuhan luka karena cidera.
    Caranya yaitu dengan menggosokkan kulit pisang baru pada bagian yang terluka. Efeknya dapat terasa setelah digosok dengan kulit pisang.

3. Kulit pisang memiliki kandungan mineral dan anti oksidan alami sangat membantu untuk peremajaan kulit dan menyembuhkan iritasi ataupun luka memar pada kulit bagian luar.

4. Dapat mengatasi sakit kepala atau  migrain. Caranya dengan menumbuk kulit pisang yang masih segar lalu menempelkannya ϑ¡ dahi.

5. Gigitan nyamuk akan menyebabkan bengkak atau luka kecil pada kulit. Untuk mengatasinya dapat menggunakan kulit pisang. 

6. Kulit pisang dapat bermanfaat untuk mengkilapkan sepatu. Sepatu yang telah kusam dapat kembali mengkilap. Selain mengkilapkan sepatu, kulit pisang juga dapat mengkilapkan benda atau peralatan dapur yang terbuat dari logam.

7. Bagi yang memiliki masalah gigi seperti terdapat plak atau noda pada gigi dapat menggunakan kulit pisang sebagai alternatif untuk memutihkan gigi.

8. Membuat kulit wajah bersih dan sehat dengan cara menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada seluruh permukaan wajah sebelum tidur secara merata. gunakanlah kulit pisang yang masih fresh yang baru ϑ¡ kupas dari bagian buahnya untuk mendapat hasil yang terbaik.

Cara untuk memilih buah pisang yang baik:

1. Pilihlah pisang yang tandannya masih segar dengan ciri2 tandannya masih berwarna hijau. Hindari membeli pisang yang bagian tandannya sudah berwarna cokelat atau kering karena hal tersebut menandakan bahwa pisang telah di panen dalam waktu yang cukup lama.

2. Lihatlah pisang dari bagian kulitnya. Kulit pisang memang identik berwarna kuning tetapi warna kuning yang dihasilkan pada jenis pisang tertentu berbeda satu dengan yang lain. Untuk mendapat pisang yang berkwalitas bagus, sebaiknya pilih pisang yang berwarna kuning cerah merata.

3. Perhatikan apakah terdapat bintik2 hitam pada kulit pisang. Jika terdapat banyak bintik hitam, maka pilihlah pisang yang lain. Bintik hitam pada pisang menandakan bahwa buah pisang sudah melewati masa kematangannya.

4. Pilih pisang yang bagian ujungnya masih agak berwarna hijau. Ini bermanfaat jika ingin menyimpannya agak lama. Kondisi seperti ini merupakan kondisi terbaik dalam memilih pisang karena pisang baru memasuki masa kematangannya.

5. Janganlah memilih pisang yang berbau tajam. Hal tersebut menandakan bahwa pisang sudah terlalu matang.

   Tips penyimpanan pisang agar tidak cepat busuk:

1. Apabila membeli pisang dalam jumlah banyak, belilah pisang yang tidak terlalu matang. Pilihlah pisang yang ujungnya berwarna hijau karena itu menunjukkan bahwa pisang baru matang dan ketika ϑ¡ simpan tidak cepat membusuk.

2. Hindari menyimpan pisang pada udara yang panas tapi tidak ϑ¡ anjurkan juga menyimpan pisang dalam lemari es. Karena hal tersebut dapat membuat kulit pisang cepat cokelat dan cepat busuk.

3. Cara yang baik adalah dengan menggantungkan pisang. Hal tersebut dapat mencegah pisang cepat rusak karena udara.

4. Sebaiknya hindari menyimpan pisang bersamaan dengan sayuran dan buah2an lainnya. Karena buah dan sayuran mengeluarkan hormon khusus yang mempercepat pematangan.

    Naaah makin jatuh cinta khan pada buah yang satu ini???

Mari mulai budayakan konsumsi buah dan sayur setiap hari.

Source by Wonder Food

ミ★wαѕѕαℓαмυ'αℓαιкυм..★彡




Comments

Popular posts from this blog

Warna Warni Kain Shibori Dan Teknik Pembuatannya

Surga Kecil Tersembunyi di Kabupaten Bogor

Cara membuat Decoupage pada tas pandan