Cara membuat Decoupage pada tas pandan

Doc. evalola26.blogspot.com

     Decoupage untuk pemula gampang2 susah. Kali ini saya mau cerita tentang workshop decoupage yang ϑ¡ adakan oleh www.kartinibluebird.com .  Allah maha baik karena apapun yang saya harapkan satu per satu terwujud. Saya yakin dan percaya bahwa do'a2 baik pasti suatu hari  nanti akan ϑ¡ kabulkan. Tinggal sabar dan tunggu saat yang tepat aja.

     Beberapa bulan yang lalu, saya berniat untuk mengikuti workshop decoupage ϑ¡ satu lembaga kreatif yang saya tau dari instagram. Tapi semua niat tersebut saya urungkan. Kenapa??? Karena ternyata biaya workshopnya lumayan mahal sekitar Rp. 500rb. Untuk seukuran saya, itu cukup menguras kantong нĭ°°~нĭ°.

     Baru2 ini Kartini blue bird mengabarkan lewat IG ada Workshop Decoupage for basic. Walaaah langsung cuss daftar. Soal izin dari si Aa belakangan dech ‎​​​ΉέέΉέέ karna jika ϑ¡ undur2 takut gak kebagian kuota. Saat sms balasan konfirmasi pendaftaran sudah saya terima, baru dech minta izin dengan jurus seribu kata menyerang si Aa tanpa henti akhirnya di izinin buat ikutan workshop yippiiii.....

     Singkat cerita, akhirnya hari yang ditunggu2 datang juga. Seperti biasa workshop diadakan di Kolega-Senopati. Walaupun datang agak terlambat saya tetap bersemangat untuk mulai belajar decoupage pada tas.

     Berikut ini adalah alat2 yang diperlukan untuk decoupage tingkat dasar.



1. Media decoupage (Tas pandan)



2. Kertas tisyu khusus decoupage (paper         napkin), Gunting, Kuas


3. Lem Mod Podge bisa didapatkan di toko     online



4. Spons dan air

Doc. Tokopedia



    Cara membuat decoupage ϑ¡ tas pandan

1. Gunting tisyu/paper napkin sesuai pola yang ϑ¡ inginkan untuk ditempel pada permukaan tas.  Lalu kupas paper napkin karena paper napkin terdiri dari 2-3 lapisan. Gunakan lembaran paper napkin yang bermotif.

2. Siapkan media / tas pandan. Pastikan tas tidak bergelembung dan tidak terdapat kotoran pada permukaan tas agar paper napkin bisa menempel dengan sempurna.




3. Letakkan potongan Paper Napkin pada posisi yang diinginkan.

4. Basahi spons dengan air lalu peras. Dalam tahap ini spons jangan terlalu basah cukup lembab saja.  




5. Basahi permukaan potongan  paper napkin yang telah diletakkan pada permukaan tas dengan menggunakan spons yang telah ϑ¡ basahi tadi. Caranya adalah dengan menekan2 spons dari area tepi paper napkin baru ke area tengah. Pastikan paper napkin tidak berkerut. Tekan perlahan2 jangan sampai sobek dan pastikan paper napkin menempel sempurna pada permukaan tas.    




6. Setelah paper napkin menempel sempurna pada permukaan tas, lapisi paper napkin dengan menggunakan lem Mod Podge. Sapukan kuas perlahan2 karena paper napkin dalam kondisi basah dan rentan sobek.            




7. Setelah di lapisi lem, keringkan permukaan paper napkin dengan menggunakan hair dryer. Apabila tidak ada bisa di jemur atau di angin2kan. Penggunaan hair dryer untuk lebih mempersingkat waktu.                




8. Setelah permukaan paper napkin benar2 kering, lapisi kembali dengan Lem Mod Podge. Fungsinya agar menimbulkan efek mengkilap pada motif paper napkin yang telah menempel. Jadi, kita tidak perlu menggunakan vernish lagi.

9. Keringkan kembali dengan menggunakan hair dryer atau di jemur      
10.Tadaaaa selesai juga...ini dia penampakan karya saya "hehe. Masih sangat simple dan berantakan. Tak apalah yang penting sudah belajar.    





     Dan ini para peserta workshop. Cantik2 pesertanya dan juga karya2nya khan???




     Alhamdulillaah dapet workshop gratis. gak penasaran lagi dech sama yang namanya decoupage. Sekarang tinggal belajar mengembangkannya dengan media dan teknik yang berbeda.

    Terima kasih kartini blue bird. Gak sabar untuk ikutan workshop selanjutnya.

ミ★wαѕѕαℓαмυ'αℓαyкυм..★彡









Comments

  1. bagus nih
    jangan lupa mampir ya ke http://bayoranteknik.co.id

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Warna Warni Kain Shibori Dan Teknik Pembuatannya

Surga Kecil Tersembunyi di Kabupaten Bogor