Teknik Sederhana Food Photography Menggunakan Smartphone



Hey hooo....
 
    Akhirnya setelah 7 purnama aku kembali membawa cerita lagi. Maaf ya kemarin jarang nulis Mr Lepy lagi ngambek alhasil data2ku lenyap tak bersisa di tambah lagi sibuk ngurusin "mainan baru" ups apa tuuuh???

    Sedikit cerita beberapa bulan ini aku sedang fokus merintis bisnis makanan kecil2an di dunia per "online shop" an yaitu @chocobanana_kitchen pisang goreng zaman now dengan toping kekinian atau biasa disebut pisang nugget. Eits jangan lupa follow IG nya ya sekalian promo haha. 

    Dalam dunia online shop aku merasa dituntut untuk pintar2 menarik minat netizen dengan menampilkan foto produk yang kece agar mereka mau kepoin, follow and order produk aku.

    Naaah namanya rezeki anak soleha disaat aku lagi butuh banget ilmu food photography ternyata besties aku yang baik hati JEMMA womantalk.com mengadakan kelas SmartPhone Food Photography di Lucky Cat Coffee and Kitchen pada tanggal 9 Desember 2017 yang lalu .

Lucky Cat coffee and kitchen

Lucky Cat Coffee and Kitchen

     Kali ini Fellexandro Ruby (@captainruby) sebagai Narasumbernya. @captainruby adalah seorang Food Photographer yang selalu menggunakan teknik dan alat sederhana dalam menciptakan foto2 yang keceh badaiiii. Lagii dan lagii aku kepilih untuk bisa ikutan JEMMA CLASS. Wohooo how lucky i'm.
 
Peserta Jemma class 

    Saat pertama kali kepoin IG @captainruby aku sangat kagum dengan karya2nya yang aku fikir pasti menggunakan kamera yang super canggih dalam pengambilan gambar tapi setelah aku mengikuti JEMMA CLASS  kemarin, semua pendapatku salah. Ternyata, untuk bisa menghasilkan foto yang kece kita gak melulu harus menggunakan kamera profesional dengan harga selangit cukup menggunakan smartphone saja. Gak percaya?? lewat blog ini aku mau share apa saja yang dijelaskan @captainruby kemarin.

    Menurut @captainruby hal pertama dan paling utama yang harus diperhatikan dalam pengambilan foto adalah Rasa. Maksudnya rasa disini adalah foto yang dihadirkan harus dapat menyampaikan rasa dari objek yang difoto.

    Misalkan saja kita ingin mengambil foto brownis, kita harus dapat membuat seseorang yang melihat langsung dapat merasakan bahwa makanan ini manis dan enak walaupun belum memakannya. Misalkan lagi saat mengambil foto asinan/rujak kamu harus dapat menghadirkan rasa lewat foto yang membuat seseorang dapat meringis keasaman atau kepedasan. Nah itulah yang dikatakan bahwa sebuah foto dapat menghadirkan rasa pada setiap objek yang ditampilkan.

Pict. by @captainruby 

    Ada beberapa tips dalam memulai food photography antara lain :

1. Berteman dengan jendela

    Loh kok Temenan sama jendela emangnye eyke rayap sis haha. Maksud dari pernyataan tersebut  adalah saat mengambil foto, usahakan objek yang akan di foto berada didekat jendela kenapa demikian? hal tersebut dilakukan agar si objek bisa mendapatkan cahaya natural yang berasal dari sumber cahaya alami  yaitu matahari.  Cahaya yang baik terpancar dari samping bukan dari atas. Berada disisi jendela akan membuat foto yang dihadirkan lebih baik karena cahaya matahari yang masuk akan terfilter oleh jendela. Jadi, foto akan jauh lebih cerah secara alami. Cahaya matahari yang oke sekitar jam 8- 9 pagi dan jam 3-4 sore.

Pict by @wanderbites 

2. KKB

    Maksud dari KKB adalah Arah Cahaya yang baik untuk pengambilan foto yaitu dari arah Kanan, Kiri atau Belakang objek. cahaya dari depan hanya akan membuat foto terlihat flat / kaku.

3. Musti, Kudu dan Punya (modal dikit dong)

    Maksudnya disini adalah kita harus memiliki alat2 yang dapat mendukung antara lain :

- Tripod

  Tripod yang digunakan gak usah terlalu mahal cukup dengan menyesuaikan ukuran kamera/ smartphone yang kita gunakan

- CardBoard atau  biasa kita kenal dengan sebutan Styrofoam

  Cardboard/styrofoam disini gunanya untuk memantulkan cahaya sehingga dapat mengurangi efek bayangan pada foto. Sebaiknya Pilih Cardboard warna putih ya.

- Props

  Props merupakan alat2 pendukung dalam pengambilan foto seperti Meja, Talenan, kacamata, buku, majalah, vas bunga/kaktus, napkin/alas foto yang cantik2 dll.

4. Rajin2 selfie dan mengambil foto

    Dengan begitu kita akan dapat mengetahui angle mana yang terbaik dalam mengambil foto suatu objek. untuk mengambil foto makanan, angle terbaik adalah dari atas dan dari arah 45 drajat. Lebih oke lagi bila kamu bisa fokus ke makanannya.

5. Pinter2 pilih menu Makanan

    Kalau kamu memang berniat menghasilkan foto makanan yang oke, pilihlah menu yang kira2 menampilkan look yang cantik dan indah agar kamu mudah dalam meng explore nya. jangan kamu pilih menu rawon ditambah banyak kuahnya nanti  foto kamu yang kelihatan cumah kuah hitam saja kecuali memang kamu niat beli bukan untuk difoto tapi beli karena memang laper hehe.

6. Kenali Handphone kamu

    Yang paling tau dan mengerti cara kerja hp kamu ya kamu sendiri. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar dapat menghasilkan foto yang oke. Berikut ini tipsnya :

- Rajin membersihkan lensa handphone yang terkadang kotor, berminyak, berembun atau berdebu.

- Jangan pernah men "zoom" suatu objek cukup dengan crop foto saja hal ini dapat lebih menghasilkan foto yang bagus ketimbang dengan di zoom dari awal yang dapat membuat foto kamu jadi blur.

- Fokus sebelum jepret
kamu bisa melihat dari layar hp kamu saat ingin mengambil gambar. fokus tidaknya suatu hp dapat dilihat dari layar saat kita tekan sejenak layar hp akan muncul lingkaran/garis berbentuk persegi berwarna hijau. Itu pada hp android ya.

- Jangan lupa mengedit hehe
walaupun sedikit kita perlu menggunakan aplikasi editing untuk menghasilkan foto yang kece. aplikasi yang oke menurut @captainruby antara lain Snapseed  dan Vsco.

   Dalam food photography ada istilah Styling . yaitu bagaimana kita mengatur letak objek. Letak objek bisa ditaruh di tengah/ rata kanan/rata kiri.

Penempatan objek ditengah
Pict by @wanderbites 

Penempatan objek rata kanan
Pict.by @captainruby 

   Cara mengambil foto, menyesuaikan penampilan suatu objek maksudnya adalah kita tidak mungkin menyandingkan gado2 dengan segelas cappuchino kayaknya gak nyambung ya.

Ada 2 Style yang digunakan dalam food photography yaitu :

1. Food Style

    Style ini lebih fokus foto ke makanannya. menyampaikan rasa, bentuk dll

Pict by @wanderbites 

2. Props Style

    Style ini lebih fokus terhadap properti/ kondisi yang terjadi/suasana sekitar makanan dan dapat menyampaikan cerita lain di samping makanan tesebut.

Pict.by @captainruby 

    Setelah penjelasan panjang lebar tentang teori food photography, kami para peserta JEMMA CLASS ditantang untuk membuat foto makanan yang oke sesuai dengan teori yang telah di terangkan oleh @captainruby sebelumnya.

    Telah disediakan beberapa makanan dan minuman di beberapa meja yang bisa kami explore. agak minder juga sih saat harus menggunakan hengpong jadul untuk foto haha tapi @captainruby meyakinkan bila kita benar2 menerapkan teori yg ia berikan maka kita dapat menghasilkan foto yang kece tanpa menggunakan kamera profesional pede aja lagi.

@captainruby saat memberi tutorial food photography 

    Saat semua sibuk mencari spot yang di datangi oleh @captainruby aku malah bingung karena gak kebagian tempat untuk nimbrung. Aku lihat ada sepiring singkong goreng yang sepi dari peserta ya sudahlah dengan bermodal nekat dan mengikuti teori yang ada, jepret aj tuh singkong goreng dengan ditambah properti seadanya dan sentuhan editan sedikit.

Hasil karya seadanya

    Saat pengumuman best photo on instagram ada 2 pemenang salah satunya adalah fotoku yang dipilih oleh @captainruby. Gak nyangkaaaa hanya dengan kekuatan hengpong jadul bisa dapet hadiah berupa voucher MAP senilai 200rb lumayan banget khan rezeki anak soleha haha.

Alhamdulillaah ya

Thanks for the gifts @womantalk_com

    Workshop kali ini sangat berkesan. Sama halnya seperti Jemma Class yang pernah aku ikuti sebelumnya. Memang harus di acungi jempol womantalk selalu bisa membuat kelas yang oke dan bermanfaat . Buat kalian yang mau ikutan workshop2 keren dan diadakan di tempat yang keren langsung follow aja ig @womantalk_com dan download aplikasi womantalk.com di hp kamu see u on my other story

@captainruby with us





Comments

  1. Wahhh seru banget yah say acaranya, aku ga daftar waktu itu hehhehe, mudah2an kita ketemu lagi di next jemma class ya.

    https://ursulametarosarini.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes dear terakhir ketemu waktu bukber ya moga bisa ketemu lagi ya plus sama para cewe2 rame in the gank hahaha see u when i see u ♥ ♡ ♥͡ ♡̷ ♡̨̐ ♡̷̴̬̩̃̊

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Warna Warni Kain Shibori Dan Teknik Pembuatannya

Surga Kecil Tersembunyi di Kabupaten Bogor

Cara membuat Decoupage pada tas pandan