1 Day Trip Tebing Keraton dan Bukit Moko

Tebing Keraton

Berawal dari event Hijabers Community Jakarta pada tahun 2014, jadi menambah pengalaman dan Teman2 baru. Pertemanan kami berlanjut sampai saat ini. Iseng2 kami membuat grup di whatsapp dengan nama AisyaHijabers.

Sebenarnya telah lama sekali kami ingin jalan2 bareng ke suatu tempat yaa bisa disebut Trip lah. Tapi selama ini cuma sekedar wancana. Setelah lama merencanakan akhirnya salah satu teman kami mengusulkan untuk ikut one day trip dari tukangjalan.com . Ada beberapa pilihan destinasi diantaranya trip 3 pulau di kepulauan seribu, trip kawah putih, trip dusun bambu dan trip tebing keraton bukit moko.

Berhubung masih hangat2nya berita tentang kecelakaan KM Zahro Express yang tenggelam baru2 ini di kepulauan seribu, maka trip yang berbau laut kami singkirkan dulu. Pilihan terbanyak adalah ke Tebing Keraton dan Bukit Moko Bandung. Cuzz lah kami AisyaHijabers daftar one day trip bersama tukangjalan.com untuk trip hari sabtu tanggal 28 Januari 2017. Untungnya si Aa masuk kerja hari itu jadi Alhamdulillaah dapet izin buat Me Time.

Hari yang ditunggu2 dateng juga. Kami berangkat dari Bekasi sekitar pukul setengah 7 pagi. Dengan meeting point di Rest Area Km 19. Transportasi yang disediakan adalah mobil Elf berkapasitas sekitar 18 orang. Kebetulan kami di gabung dengan peserta lain yang sudah berkumpul di meeting point yang pertama yaitu di Plaza Semanggi.

Tidak ada rasa canggung sama sekali karena peserta trip lainnya sangat hangat dan ramah serasa sudah kenal lama dan kebetulan juga perempuan semua isinya kecuali Drivernya ya tetap abang2 sejati hehe. Kebayang donk satu mobil elf penuh dengan perempuan dari segala penjuru dunia rameeeeenyaa gak kebendung seru seru seruuuu. Sayangnya ada 2 teman kami yang sudah daftar tapi tidak bs ikut karena ada sesuatu hal yang mengharuskan mereka untuk membatalkan trip kali ini.

Dengan waktu tempuh sekitar 5 jam, dengan melewati macet yang tiada tara serta mendaki gunung dan melewati lembah akhirnya kami sampai juga di kawasan Tebing Keraton Bandung. Tebing Keraton berada didalam kawasan Taman Hutan Raya Djuanda Desa Ciburial Kabupaten Bandung ( Kawasan Bandung Utara).

Rombongan trip

Lokasi Parkir Mobil

Bagi yang menggunakan transportasi mobil seperti kami, Untuk menuju Pintu masuk Tebing Keraton disarankan menggunakan transportasi Ojek yang mangkal di parkiran mobil. Karena lumayan jauh lokasi pintu masuk dari lokasi parkir mobil. Biaya Ojek Rp. 50 ribu PP (Pulang-Pergi). Oiya bayar ojeknya saat kita sudah mau turun kembali ke parkiran mobil ya jangan saat berangkatnya. Karena abang ojeknya akan menunggu sampai kita pulang, hafalin dech tadi berangkatnya naik ojek yang mana.

Si eceu Dhiany happy banget ketemu abang ojek yang warna bajunya matching sama doi hehe

Naik ojek menuju pintu masuk Tebing Keraton

Tiba juga di pintu masuk Tebing Keraton. Loket ada di depan pintu masuk dan di dekat loket ada musholla dan toilet. Saat kamu sudah masuk ke tebing keraton kamu gak akan menemukan toilet lagi. Jadi bagi yang ingin nyaman menikmati panorama Tebing Keraton lebih baik ke toilet dulu saat baru membeli tiket.

Pintu masuk Tebing Keraton

Daftar harga tiket

Mushala

Kita harus berjalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai ke Tebing Keraton. Setelah sampai ternyata ramai sekali disana. MashaaAllaah pemandangan lembah hijau yang sangat luar biasa. Gak heran kalau Tebing Keraton menjadi salah satu destinasi favorit untuk dikunjungi. Udaranya juga masih sejuk sangat cocok untuk yang sudah merasa muak dengan udara di perkotaan yang di penuhi polusi udara.

Suasana di Tebing Keraton

Memberanikan diri foto di tepi jurang

Cewek2 super heboh

Jika berkunjung ke Tebing Keraton jangan lupa bawa jaket atau baju hangat serta payung. Karena hujan akan tiba2 turun walaupun awalnya awan cerah ceria. Mungkin karena kami mengunjungi di bulan musim hujan, alhasil kami basah2an. Syukurnya kami telah siap sedia jas hujan sekali pakai dan payung.

Team plastik gorengan

Puas menikmati keindahan Tebing Keraton kami ISHOMA (Istirahat, Sholat dan Makan Siang) terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan ke destinasi yang kedua yaitu Bukit Moko. Setelah selesai ISHOMA, kami kembali ke Parkiran Mobil dengan menggunakan Ojek yang sama saat berangkat tadi.

Perjalanan dilanjutkan menuju Bukit Moko.  Bukit Moko terletak di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam lebih dari Tebing Keraton. Karena menggunakan jasa travel agent, kami tinggal duduk manis sambil baca do'a saja saat mobil yang kami tumpangi harus melewati jalan yang curam dan tanjakan2 yang tajam. Rasa ngeri dan khawatir saat perjalanan seketika hilang ketika kami akhirnya sampai di Bukit Moko. Kami harus tracking sedikit untuk mencapai puncak Bukit Moko. Lumayan lah jalan menanjak sekitar 10 menitan dari parkiran mobil. Lumayan untuk bakar lemak dan lumayan ngos2annya hahaha.

jalan santai ngos2an

Pemandangan yang sangat menakjubkan memanjakan mata kami. Terlebih lagi saat kami dapat melihat kota Bandung dari atas bukit menambah nilai plus dari destinasi wisata ini. Bukit Moko berada di ketinggian sekitar 1412 MDPL. Udara dingin menemani selama kami berada disana.

Dermaga Bintang dari kejauhan

Terdapat hamparan hutan Pinus yang sangat eksotis seolah2 kami sedang berada di dalam film "Twilight" saja hehe.
Hamparan perbukitan hijau juga ikut menghiasi pemandangan di Bukit Moko.

Hutan Pinus yang exotic

Dermaga Bintang menjadi Ikon dari Bukit Moko. Terdapat fasilitas Mushola dan Toilet serta tempat untuk charge Handphone.

Dermaga Bintang

Menikmati view kota Bandung dari Dermaga Bintang

Bagi yang ingin berkemah juga di sediakan Camping Ground di area ini. Kapan2 sepertinya kepingin dech camping di Bukit Moko. Karena Pemandangan kota Bandung pada malam hari sangat menakjubkan dan romantis. Andai ada si Aa disini ups...hehe

Hmmm numpang foto hihi

Malam menjelang, lampu2 kota mulai menyala menambah kekaguman saya akan wisata Kota Bandung yang memukau. sayangnya kami harus meninggalkan Bukit Moko untuk kembali pulang ke rumah.

Good bye Bukit Moko

Pemandangan malam di Bukit Moko

Dalam perjalanan ke tempat parkir kami masih ditemani dengan pemandangan city light yang indah.

City light menemani kami turun ke parkiran mobil

Rasa lelah mulai terasa saat perjalanan pulang. Sebelum meninggalkan kota Bandung, kami mampir di pusat oleh2 Kartika Sari untuk makan malam dan membeli buah tangan.

Isi perut dulu sebelum pulang

Trip kali ini sangat menyenangkan. Tambah pangalaman baru, tau tempat baru dan dapet temen baru.
Alhamdulillaah.

Popular posts from this blog

Warna Warni Kain Shibori Dan Teknik Pembuatannya

Surga Kecil Tersembunyi di Kabupaten Bogor

Cara membuat Decoupage pada tas pandan